PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BARAKA TEKSTIL SURAKARTA

Aisyah Prihatni, Istiqomah Istiqomah, Sudarwati Sudarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan guna mengetahui kualitas produk, harga , dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Baraka Tekstil Surakarta. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelanggan Baraka Tekstil Surakarta yang berjumlah 1862 orang dan mengambil sample sejumlah 100 orang teknik pengambilan sample menggunakan random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda secara simultan kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Baraka Tekstil Surakarta dengan nilai F 31,511 > Ftabel 2,70 dengan signifikan 0,000 < 0,05. Dengan uji t (uji parsial) kualitas produk (x1) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Baraka Tekstil Surakarta dengan thitung 0,288 < ttabel 1,984ndengan nilai signifikan 0,774  > 0,05. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Baraka Tekstil Surakarta dengan thitung 5,160 > ttabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Variaber promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian di Baraka Tekstil Surakarta dengan thitung 2,416 > ttabel 1,984 dengan nilai signifikan 0,018 < 0,05, Harga menjadi faktor paling dominan dibandingkan dengan kualitas produk dan promosi. Koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,480 hal ini berarti 48% variasi bvariabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas produk, harga, dan promosi, sedangkan sisanya sebesar 52% dipengaruhi variabel pelayanan dan lokasi.

 

Kata-kata kunci: kualitas produk, harga, promosi, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.