ANALISIS PERCEPTUAL MAPPING BISNIS RETAIL AMIGO GRUP KLATEN

Arif Julianto Sri Nugroho, Sarwono Nursito, Iswan Riyadi, Th Kriswianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perceptual map bisnis ritel fashion di Kabupaten Klaten. Objek penelitian adalah konsumen toko yaitu Amigo Grup, Matahari, Laris, Mitra dan Luwes. Atribut yang digunakan dalam penelitian adalah merchandise assortment, location, price, promotional mix, customer service,dan store design and   display yang diberikan oleh sejumlah toko ritel .Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskripsi responden, multidimensional scaling, yangbergun auntuk memberikan  gambaran peta persepsi posisi masing-masing bisnis fashion yang saling berdekatan atau berjauhan berbasis atribut serta minat konsumen untuk merekomendasikan kepada pihak lain untuk belanja di Amigo beserta umpan balik. Bisnis toko yang ditampilkan dalam sebuah perceptual map akan menampilkan rangking posisi ideal dibandingkan toko lain. Uji kuantitatif menggunakan uji peta persepsi menggunakan SPSS 21. Hasil akhir muncul peta persepsi dan penyusunan strategi yang tepat bagi Amigo untuk memenangkan persaingan

 

Kata-kata kunci: perceptual map, multidimensional scaling (MDS), Amigo Grup

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.