ANALISIS ANTESEDEN DARI LOYALITAS PELANGGAN HARTONO LIFESTYLE MALL SOLO (Studi pada Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)

Dwi Suryani, Salman Faris Insani, Ariyani Wahyu Wijayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pentingnya lingkungan mall, nilai yang dipersepsikan pelanggan tentang  mall, serta kepuasan pelanggan pada pada loyalitas pelanggan di Hartono Lifestyle Mall Solo. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo yang menjadi pelanggan Hartono Lifestyle Mall Solo. Data diperoleh dengan menyebarkan 220 kuesioner pada Mahasiswa Universitas Veteran Bangun Nusantara. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel independen dan dependen serta variabel mediasi menggunakan SEM (Structural Equation Modelling). Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel lingkungan mall berpengaruh signifikan terhadap nilai yang dipersepsikan tentang mall (MALLVAL) dan kepuasan pelanggan, sedangkan variabel lingkungan mall tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Untuk variabel nilai yang dipersepsikan pelanggan tentang mall (MALLVAL) menunjukkan bahwa variabel tersebut berpengatuh signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Untuk variabel kepuasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

 

Kata-kata kunci: lingkungan mall, nilai yang dipersepsikan pelanggan tentang mall, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.