IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Giyatno Giyatno, Farida Nugrahani, Mukti Widayati

Abstract


Penelitian bertujuan mendeskripsikan (1) implementasi penguatan pendidikan karakter, (2) nilai-nilai karakter yang dikembangkan,  (3) faktor penghambat dalam implementasi pendidikan karakter, dan (4) solusi dari hambatan yang dihadapi dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan studi kasus terpancang (embedded case study). Sumber data adalah  guru kelas V, siswa kelas V, kepala sekolah, teman sejawat, peristiwa dan aktivitas proses pembelajaran di kelas V, serta dokumen administras pembelajaran. Penelitian dilakukan di SD Negeri 02 Jatirejo. Data diperoleh dengan wawancara, analisis dokumen, dan observasi kelas. Uji kredibilitas data melalui triangulasi sumber data dan triangulasi metode, sementara analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman, sehingga diperoleh kesimpulan. Berdasarkan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa (1) pendidikan karakter sudah diimplementasikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, (2) nilai karakter mencakup 5 nilai karakter utama, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas, (3) faktor penghambat berupa karakter dasar siswa, pemilihan metode mengajar tidak tepat, indikator nilai karakter belum dikuasai guru, dan lingkungan kurang mendukung, (4) solusi penghambat yaitu belajar mengenali karakter siswa, pemilihan metode pembelajaran, menambah literasi nilai pendidikan karakter, dan kerjasama dengan tokoh masyarakat, sehingga mereka dapat memberi teladan pendidikan karakter.

 

Kata-kata kunci: karakter, kurikulum, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.