PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari adanya kebutuhan para guru Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar se-Tangerang untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat secara kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun rumusan masalahnya adalah perlunya peningkatan keterampilan guru di dalam memilih metode pembelajaran yang tepat secara kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar se-Tangerang dalam memilih metode pembelajaran yang tepat secara kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui penyelenggaraan pelatihan guru. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif yaitu melalui survei. Instrumen yang dipakai adalah angket yang diisi oleh 71 guru Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar se-Tangerang. Hasil angket diolah dengan statistik sederhana dan disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar se-Tangerang dalam memilih metode pembelajaran yang tepat secara kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran berkategori “sangat baik” menurut umpang balik dari para peserta untuk aspek keberhasilan program pelatihan (60%) dan kemampuan pembicara (70.14%). Para guru mendapat wawasan dalam menentukan sebuah metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif secara tepat sesuai kondisi murid di lapangan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Kata-kata kunci: metode pembelajaran, kreatif dan inovatif, tujuan pembelajaran
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.