PELATIHAN METODE PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN

Juniriang Zendrato

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang dari adanya kebutuhan para guru Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar se-Tangerang untuk meningkatkan keterampilan guru dalam memilih metode pembelajaran yang tepat secara kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Adapun rumusan masalahnya adalah perlunya peningkatan keterampilan guru di dalam memilih metode pembelajaran yang tepat secara kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar se-Tangerang dalam memilih metode pembelajaran yang tepat secara kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui penyelenggaraan pelatihan guru. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif yaitu melalui survei. Instrumen yang dipakai adalah angket yang diisi oleh 71 guru Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar se-Tangerang. Hasil angket diolah dengan statistik sederhana dan disajikan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar se-Tangerang dalam memilih metode pembelajaran yang tepat secara kreatif dan inovatif untuk mencapai tujuan pembelajaran berkategori “sangat baik” menurut umpang balik dari para peserta untuk aspek keberhasilan program pelatihan (60%) dan kemampuan pembicara (70.14%). Para guru mendapat wawasan dalam menentukan sebuah metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif secara tepat sesuai kondisi murid di lapangan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

 

Kata-kata kunci: metode pembelajaran, kreatif dan inovatif, tujuan pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.