PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT DI APOTEK K-24 MUHAMMAD YAMIN

Miak Dacosta, Djumali Djumali, Istiqomah Istiqomah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk, harga, promosi dan pelayanan terhadap keputusan pembelian obat di Apotek K-24 Muhammad Yamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu jenis penelitian yang menjelaskan sebab dan akibat. Metode pengambilan sampelnya menggunakan convenience sampling, dengan jumlah responden 100 orang yaitu konsumen yang melakukan transaksi pembelian obat di Apotek K-24 Muhammad Yamin. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis regresi linear berganda, dari data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Penelitian ini diuji dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelengkapan produk, harga, promosi dan pelayanan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan adjusted R Square = 0,514 = 51,4% dan nilai signifikansi 0,000. Kelengkapan produk, harga, dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi < 0,05 adalah 0,000 untuk variabel kelengkapa produk, 0,005 untuk variabel harga, dan 0,000 untuk variabel promosi. Sedangkan variabel pelayanan tidak berpengaruh signifikan karena memiliki nilai 0,905.

 

Kata-kata kunci: kelengkapan produk, harga, promosi, pelayanan,keputusan pembelian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.