ANALISIS KONDISI AWAL PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROYEK MELALUI GELAR PRODUK

Nurratri Kurnia Sari, Dwi Anggraeni Siwi, Para Mitta Purbosari

Abstract


Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan model pembelajaran proyek berbasis gelar produk sebagai penguat kreativitas mahasiswa PGSD Univet Bantara Sukoharjo. Metode penelitian menggunakan metode pengembangan menurut Borg & Gall tahap analisis kebutuhan. Pada tahap ini mencangkup kegiatan studi dokumen dan studi lapangan sebagai dasar dalam mengembangkan model proyek berbasis gelar produk. Analisis kebutuhan dilakukan melalui analisis dokumen pada Satuan Acara Perkuliahan (SAP), analisis kondisi awal dan analisis proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah dosen mata kuliah pembelajaran IPA dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIVET BANTARA Sukoharjo. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan maka dapat disimpulkan bahwa a) Capaian pembelajaran pada kurikulum KKNI diharapkan mahasiswa dapat diarahkan pada pengalaman belajar untuk merancang dan membuat suatu karya melalui penerapan konsep IPA dan kompetensi bekerja ilmiah secara bijaksana. b) Analisis proses pembelajaran mata kuliah pembelajaran IPA di SD belum mengoptimalkan penggunaan bahan ajar dan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan kreativitas mahasiswa dalam berinovasi perancangan tugas kelompok. c) Berdasarkan analisis lapangan guru membutuhkan model pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa secara berkelompok serta memandirikan dalam berkopetisi untuk meningkatkan kreativitas hasil karya mahasiswa.

 

Kata-kata kunci : gelar produk, proyek, pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.