MENINGKATKAN KINERJA GURU KELAS DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PEMBIMBINGAN INDIVIDUAL

Suyitno Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertolak dari kenyataan rendahnya mutu proses pembelajaran pada SD Negeri Ngawen Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati Hal ini disebabkan adanya guru-guru kelas lebih berorientasi pada pencapaian target materi dan lebih mengejar target nilai tinggi pada USBN, sehingga cenderung mengabaikan mutu proses pembelajaran. Guru dalam malaksanakan proses pembelajaran memiliki kecenderungan sebagai berikut; (1) belum memiliki motivasi untuk membuat perencanaan pembelajaran dengan mengembangkan skenario pembelajaran yang kereatif, tetapi lebih memilih mengcopy RPP yang sudah ada, (2) pelaksanaan proses pembelajaran belum mencerminkan pembelajaran yang bermakna (PAIKEM), (3) pelaksanaan penilaian kurang bervariatif cenderung monoton dan belum melaksanakan penilaian proses. Teknik penilaian yang digunakan lebih banyak teknik tes yang lebih memiliki kecenderungan mengukur ranah kognitif, sedang. teknik penilaian non tes yang lebih dapat mengukur hasil belajar secara komprehensip cenderung masih diabaikan. Permasalahan tersebut diharapkan dapat diatasi melalui pembimbingan terhadap guru melalui supervisi akademik dalam melaksanakan pengelolaan pengajaran, mulai dari perencanaan, pelaksanaan proses belajar mengajar, sampai evaluasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja guru kelas dalam pengelolaan pembelajaran pada SD Negeri Ngawen Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati. Metode penelitian ini adalah dengan penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja guru mulai  awal sebelum tindakan sebesar 58,3% (kategori sedang), setelah tindakan siklus I menjadi 70,8% (kategori tinggi), dan setelah tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 80,3% (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tindakan di atas dapat disimpulkan Supervisi akademik melalui pembimbingan individu yang dilakukan oleh Kepala sekolah terhadap guru dapat meningkatkan kinerja guru kelas pada SD Negeri Ngawen Kecamatan Cluwak Kabupaten Pati dalam pengelolaan pembelajaran baik aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta abilitas guru dalam pembelajaran.

 

Kata-kata kunci: supervisi  akademik, peningkatan, kinerja guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.