PENGGUNAAN CLASH OF CLANS GAMES UNTUK MENGAJAR VOCABULARY SISWA KELAS IV SDN JOMBOR SUKOHARJO

Veronika Unun Pratiwi, Arin Arianti, Nurnaningsih Nurnaningsih, Purwani Indri Astuti

Abstract


Bahasa mmerupakan salah satu isyarat dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis, dengan bahasa, manusia dapat merekam dan mewariskan pengetahuan serta ilmunya kepada anak didiknya jika dia adalah pengajar. Pada intinya bahasa adalah media komunikasi utama dalam berkomunikasi. Dalam penelitian ini kita belajar bahasa Inggris karena  bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. Pemerintah Indonesia sendiri mengeluarkan kebijakan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa Asing yang wajib kita pelajari dan diajarkan di sekolah. Mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi. Dan di SMP, SMA maupun SMK bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib yang di ujikan secara nasional atau UAN. Meskipun bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib namun hasil yang didapat dari pelajaran bahasa Inggris belum begitu memuaskan. Kegiatan pembelajaran adalah salah satu tahap yang sangat menentukan keberhasilan belajar siswa. Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran dapat dilakukan terhadap berbagai komponen seperti : siswa, guru, indikator pembelajaran, isi pelajaran, metode, media, dan evaluasi. Penelitian ini berfokus pada pengajaran vocabulary dengan meggunakan Clash of Clans Games. Dengan adanya aplikasi baru dalam pengajaran diharapkan siswa tertarik menambah kosakatanya dalam bahasa Inggris.  Yakni dengan menggunakan Clash of Clans Games. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif qualitatif Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kegunaan dari Clash of Clans Games ini untuk mengajar Vocabulary bagi siswa kelas IV SDN Jombor.

 

Kata-kata kunci: Clash of Clans games,vocabulary

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.