PEMANFAATAN RUBRIK SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN ALTERNATIF DALAM BIDANG STUDI IPA

Wiyun Philipus Tangkin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan jelas tentang kontribusi dari pemanfaatan rubrik sebagai instrumen penilaian alternatif dalam bidang studi IPA. Penelitian ini dilakukan berdasarkan dua pertanyaan yaitu: 1) Bagaimana pemahaman serta tanggapan guru dan siswa mengenai keberadaan rubrik sebagai instrumen penilaian. 2) Apakah kekuatan dan kelemahan rubrik sebagai instrumen penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumen berupa data nilai siswa yang diperoleh dengan menggunakan rubrik sebagai instrumen penilaiannya. Wawancara dilakukan terhadap lima orang guru Ilmu Pengetahuan Alam dan dengan 15 orang siswa. Data berupa angket juga diperoleh dari guru dan siswa. Data angket diolah dengan menggunakan statistik, untuk melihat persentasi jawaban dari setiap pernyataan guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Guru memahami rubrik sebagai penilaian performance dan siswa memahami rubrik sebagai penilaian yang menggunakan kriteria. Guru dan siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap rubrik sebagai instrumen penilaian alternatif. 2) Kekuatan yang dimiliki rubrik sebagai penilaian adalah rubrik merupakan penilaian alternatif yang obyektif, transparan, dapat menilai tiga aspek siswa yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa, membantu guru dan siswa mengevaluasi diri dalam hal pembelajaran, memotivasi siswa dalam belajar dan bersosialisasi. Adapun kelemahan yang dimiliki oleh rubrik sebagai penilaian yaitu dalam pembuatan dan penggunaannya membutuhkan waktu yang lama karena rubrik penilaian merupakan penilaian yang menilai kinerja siswa dimana proses dan waktu adalah bagian dari kinerja siswa itu sendiri.

 

Kata-kata kunci: rubrik, instrumen penilaian, penilaian alternatif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.