MENGUKUR CAPAIAN KOMPETENSI GURU KRISTEN MELALUI PENILAIAN DIRI (SELF-ASSESSMENT) MAHASISWA TAHUN TERAKHIR FIP-UPH

Yubali Ani, Chandra Han

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur capaian kompetensi guru Kristen mahasiswa tahun terakhir perkuliahan di FIP-UPH melalui penilaian diri. Penilaian diri (self-assessment) merupakan teknik penilaian yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menilai pekerjaan dan kemampuan mereka sesuai dengan pengalaman yang mereka rasakan. Sesuai dengan visi dan misi FIP-UPH yaitu mengembangkan guru-guru Kristen yang responsif, reflektif, dan bertanggung jawab dengan standar internasional, sehingga mereka mampu untuk mengajar di dalam konteks budaya Indonesia dan sekaligus memiliki pengertian yang holistis atas pembelajaran mereka. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen angket dan analisis deskriptif dengan perhitungan statistik sederhana. Subjek penelitian adalah mahasiswa FIP-UPH tahun terakhir angkatan 2014. Adapun hasil capaian kompetensi guru Kristen pada mahasiswa FIP-UPH setelah menempuh pendidikan selama empat tahun, antara lain: 1) kompetensi kepribadian guru Kristen terdiri dari 97.4% mahasiswa mencapai kategori baik; 2) kompetensi sosial guru Kristen terdiri dari 97.4% mahasiswa mencapai kategori baik; dan 3) kompetensi pedagogik guru Kristen terdiri dari 100% mahasiswa mencapai kategori baik. Kompetensi tersebut tercapai melalui kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa baik secara akademik maupun nonakademik.

 

Kata-kata kunci: penilaian diri, kompetensi guru, guru Kristen

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.