ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENJUALAN PRODUK MAKANAN DI DAERAH KLODRAN, KARANGANYAR

Ainur Komariah, Muhruri Dwi Mulyanto, Darsini Darsini

Abstract


Pada umumnya suatu perusahaan selalu menginginkan keuntungan yang menjadikan prioritas utama bagi pelaku usaha, dalam penelitian ini usaha kuliner menjadi objek utama untuk membandingkan apa saja yang mempengaruhi tingkatan penjualan yang sangat di prioritaskan oleh perusahaan.Objek penelitan tersebut adalah 4 rumah makan di kawasan Klodran, Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tingkat penjualan di objek rumah makan yang diteliti. Variabel yang diteliti adalah variabel produk yang diukur dari 8 indikator, variabel desain yang diukur dari 10 indikator, variabel servis yang diukur dari 15 indikator, dan variabel harga. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner. Tiap-tiap variabel dihitung koefisiensi korelasinya dengan variabel penjualan. Hasil penelitian menunjukan bahwa lima indikator variabel yang berkorelasi dengan penjualan, secara berurutan dari koefisien korelasi tertinggi adalah waktu tunggu pelanggan ketika memesan sampai hidangan disajikan (koefisien korelasi 0,97); desain kursi yang nyaman pada saat makan (koefisien korelasi 0,96); variasi menu masakan (koefisien korelasi 0,93); penataan meja makan (koefisien korelasi 0,91); ketersediaan tissue (koefisien korelasi 0,91); tidak mengalami kebisingan saat makan (koefisien korelasi 0,85).

 

Kata kunci : analisis, faktor, penjualan, makanan, karanganyar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.