Analisis Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Kedai Kopi Janji Jiwa Di Kota Surakarta

Prameswari Mutia Salma, Yos Wahyu Harinta, Agung Setyarini

Abstract


Banyaknya pelaku bisnis kedai kopi di Kota Surakarta mengakibatkan persaingan bisnis yang semakin ketat, sehingga untuk mempertahankan eksistensinya kedai kopi Janji Jiwa perlu mengetahui perilaku konsumen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand equity secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian serta mengidentifikasi pengaruh variabel yang paling dominan pada kedai kopi Janji Jiwa di Kota Surakarta. Metode dasar penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis serta pelaksanaannya dengan teknik survei. Lokasi penelitian dipilih secara purposive yaitu Kota Surakarta. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah responden 60. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian berdasarkan koefisien determinasi (R2) keputusan pembelian kopi Janji Jiwa di Kota Surakarta dapat dijelaskan oleh variabel bebas sebesar 86,7%, sedangkan sisanya 13,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil dari uji simultan (uji F) brand awareness, brand association, perceived quality, dan brand loyalty mempunyai pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Uji parsial (t) diperoleh perceived quality dan brand loyalty berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa brand loyalty merupakan variabel yang paling berpengaruh dengan perolehan nilai thitung sebesar 6,567, nilai signifikansi terendah 0,000, dan nilai koefisien beta tertinggi sebesar 0,597.

Kata kunci : Brand Association, Brand Awareness, Brand Equity, Brand Loyalty, Perceived    

                     Quality, dan Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

References


Amalia, Fera Nur, Bambang Y A, dan Dyah E W. 2021. Analisis Perbandingan Ekuitas Merek Kedai Kopi Janji Jiwa dengan Kedai Kopi Kenangan di Kota Malang. Jurnal Agribisnis Lahan Kering Vol. 7 (2) : 45-53

Ariadi, A., Yusnia, M.W., Rifani, A. 2019. Pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty, Perceived Quality, Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Konsumen Sepeda Motor Matic Honda Scoppy pada Dealer Honda di Kota Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen Vol. 7 No. 3

Hanafi, M.A.N. 2016. Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Semen Bosowa (Studi Kasus Pada Konsumen di Kelurahan Antang Makasar). Jurnal Ilmiah BONGANYA (Manajemen dan Akuntansi)

Kamilia, R., dan Djatmiko,D. 2018. Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Maskapai Penerbangan Lion Air di Surabaya Tahun 2017. E-Proceedings of Management.

Limento, N.Y., Cahyadi,L. 2020. Analisis Pengaruh Brand Loyalty, Brand Association, Brand Awareness, dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Civitas Academic JAC) Ekonomi Vol.1 No. 2

Lisa, H., Chairhany, S., Napratilora, M., Syahid, Abd., Ilyas. M. 2020. Analisis Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Coffe Toffe Surabaya). Journal of Business and Banking Vol. 10 No. 1 ISSN 2088-7841

Mahmudan, Ali. 2022. Berapa Konsumsi Kopi Indonesia pada 2020/2021. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021. Diakses pada 18 Desember 2022

Navia, Verin Rizqon . 2021. Pengaruh Social Media Instagram dan Brand Awareness terhadap Keputusan Pembelian dengan Electronic Word of Mouth sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Konsumen Makmur Cafe di Kota Malang). Skripsi.

Pradipta, Dicho., Hidayat, K., dan Sunarti. 2016. Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Pembeli dan Pengguna Kartu Perdana Simpati Telkomsel di Lingkungan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012 & 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol.34 No. 1 hlmn 138 – 147

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Edisi ke-3. Alfabeta. Bandung

Sya’idah, E.H., Jauhari, T., Fauzia ,I.N, Safitri, M.N. 2020. Pengaruh Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (JMK) Vol.5 No. 3

Wijaya, R. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung di Kota Makassar. Doctoral dissertation. Universitas Islam Negeri Alaudding Makassar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.