Pengaruh Penggunaan Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Pada Sayur Fresh Tasik

Ramli Ramli, Rina Nuryati, Riantin Hikmah Widi

Abstract


Fenomena pemasaran digital telah merambah pada bisnis pertanian di Indonesia, salah satunya penggunaan Instagram sebagai media pemasaran digital seperti yang dilakukan @sayurfreshtasik dalam memasarkan produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat penggunaan social media marketing Instagram dan tingkat keputusan pembelian produk sayuran, serta menganalisis pengaruh penggunaan social media marketing Instagram terhadap keputusan pembelian secara simultan dan parsial. Waktu penelitian dimulai sejak bulan September 2022 – Maret 2023, menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan yaitu Content Creation (X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), Community Building (X4), dan Keputusan Pembelian (Y). Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner secara online dengan Google Form kepada Konsumen @sayurfreshtasik melalui Instagram, dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang responden. Teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling, dengan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan social media marketing Instagram dalam pembelian produk sayuran berada pada kategori tinggi, dimulai dengan variabel Content Creation (X1) dan Connecting (X3) terkategori sangat tinggi, kemudian variabel Content Sharing (X2) dan Community Building (X4) terkategori tinggi, serta tingkat Keputusan Pembelian (Y) terkategori sangat tinggi. Selanjutnya variabel Content Creation (X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), dan Community Building (X4) secara simultan dan signifikan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). Kemudian dari keempat variabel social media marketing Instagram, hanya variabel Content Creation (X1) yang berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y), sedangkan variabel lainnya tidak berpengaruh.

Kata kunci: Keputusan Pembelian;Social Media Marketing


Full Text:

PDF

References


Ahn, H. (2015). The Impact of Social Media Activity on Brand Loyalty: Evidence from Korean Consumer Social Networking Sites. International Journal of Advertising, 34(3), 371–392.

Alalwan, A. A., Rana, N. P., Dwivedi, Y. K. And Williams, M. D. (2016). Consumer Adoption of Mobile banking In Jordan: Examining the role of usefulness, ease of use, perceived risk and self-efficacy. Journal of Enterprise Information Management, 29(1), 118–139.

Amaral, M. and Pieszko, M. (2018). The impact of content marketing on purchase decisions of customers. International Journal of Market Research, 60(6), 679–698.

APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Polling Indonesia.

Buchari, A. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. In Bandung CV Alfabeta. CV. Alfabeta.

Buchari, A. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan. In Bandung CV Alfabeta. CV. Alfabeta.

Cohen, L., Keith, M. and Lawrence, M. (2007). Metode Penelitian dalam Pendidikan. Routledge.

Duwi, P. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Andi Offset.

Furse, D. H. (2010). Management Accounting: Principles & Practice. Pearson Education India.

Ghyanti, K. F. (2016). Efektivitas Promosi Produk Organik “Bee Organic. Food” Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 11(1), 175–184.

Gunelius, S. (2011). 30 Minute Social Media Marketing. McGraw Hill.

Herman, A. S. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Organik Melalui Media Sosial Instagram di Sayurbox Malang Jakarta. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Mediadaya, 16(2), 145-155.

Hussain, M. (2017). Social Media Marketing: A Guide to Building and Engaging Communities. Business Horizons, 60(2), 243–252.

Imam Gozhali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPP 23. In Semarang : Diponegoro University Publishing Agency. BPFE Universitas Diponegoro.

Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Erlangga.

Kumar, N. (2019). Social media marketing: A Review. Journal of Management & Strategy, 10(3), 97–106.

Lee, P. E. (2020). Statistik Regresi: Teori, Metode, dan Aplikasi. Cengage Learning.

Liu, Y. dan Yu, H. (2019). Analisis perilaku pembelian berulang dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Mediadaya, 7(1), 23-46.

Mileva, L. dan Ahmad, F. D. (2018). Pengaruh Social media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Yang Membeli Starbucks Menggunakan Line). Jurnal Administrasi Bisnis, 58(1), 190–199.

Neslin. (2008). Connecting with Consumers: The Impact of Connections on Consumer Decision Making. Journal of Marketing, 72(1), 1–23.

Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53.

Palmatier, C. J., Gilly, M. and Schleicher, S. J. (2008). Investigating the Impact of Interpersonal Relationships on Customer Loyalty in Service Contexts. Journal of Marketing, 72(1), 59–76.

Pang, J. and Tan, S. (2020). The Influence of Community Building on Purchasing Decisions: Evidence from an Online Survey. Journal of Business Research, 116(2), 469-479.

Putri, A. E. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada E-Commerce Pertanian Sayurbox (Studi Kasus Pada PT. Kreasi Nostra Mandiri di Jakarta). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 10(2), 148-164.

Putri, E. (2013). Aplikasi Instagram sebagai media komunikasi pemasaran online shop. Jurnal Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, 1(2), 1–5.

Putri, V. S., Adrian, F. A. dan Suri, M. (2021). Hubungan Belajar Online di Masa Pandemi Covid 19 dengan Tingkat Stress Mahasiswa S1 Keperawatan STIKes Baiturrahim Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 10(1), 66–73.

Sari, C. A. (2015). Perilaku Berbelanja Online Di Kalangan Mahasiswi Antropologi di Universitas Airlangga. Jurnal AntroUnairdotNet, 4(2), 205–215.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutrisno. (2020). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Instagram, Persepsi Biaya Pendidikan dan Brand Recognition Terhadap Keputusan Pembelian pada Stie Wiyatamandala. Jurnal Bina Manajemen, 9(1), 72-91.

T.A. van Tilburg. (2020). The Journal of Family Issues,. 41(3), 441-468.

Tjiptono, F. (n.d.). Strategi Pemasaran. Andi Offset.

Umar, H. (2003). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama.

Vila, S. (2016). The Role of Content Sharing in Influencing Online Purchasing Decisions: Evidence from the UK. International Journal of Research in Marketing, 33(4), 719-737.

Widi, R. E. (2011). Uji Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Stomatognatic (J.K.G. Unej), 8(1), 27–34.

Wijoyo, H., Irjus, I., Agus, L. H., Ruby, S. dan Yoyok, C. (2020). Generasi Z & Revolusi Industri 4.0. CV. Pena Persada.

Wiratama, W. J. dan Ketut, B. (2015). Pengaruh Independensi, Pengalaman Kerja, Due Professional Care Dan Akuntabilitas Terhadap Kualitas Audit. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 10(12), 91–106.

World Health Organization. (2016). Micronutrient Deficiencies. http://www.who.int/nutrition/topics/vad/en.

Yoon, J. (2015). The Effects of Connecting on Consumer Purchase Decisions. International Journal of Advertising, 34(5), 633-655.

Young, J. and McQuillan, P. (2019). The Impact of Community Building on Consumer Buying Behaviour. International Journal of Marketing Studies, 11(3), 37-45.

Zeng, B. and Gerritsen, R. (2014). What Do We Know About Social Media In Tourism? A Review. Tourism Management Perspectives, 10(11), 27-36.

Zhang, S. and Hui, Y. (2018). The Role of Community Building in Enhancing Customer Loyalty: An Empirical Study. International Journal of Electronic Commerce, 23(2), 233-259.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.