Studi Komparatif Media Online Dan Offline Dalam Pemasaran Rengginang Di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo

Syafira Hikmatil Auliya, Fefi Nurdiana Widjayanti, Risa Martha Muliasari

Abstract


Media pemasaran yang terbaru dengan pemanfaatan internet yang kemudian disebut pemasaran melalui media online. Sesuai perkembangan pemasaran melalui media online. Serta pemanfaatan pemasaran secara offline, perusahaan atau penjual berkomunikasi serta mempromosikan dengan konsumen melalui iklan, pemasaran langsung, promosi penjualan dan hubungan masyarakat menggunakan media cetak dan elektronik yang disebut di sini sebagai media tradisional. Tujuan Penelitian(1) Untuk menganalisis efektivitas pemasaran rengginang melaui media online dan offline di Desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten SitubondoMetode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode analitik dan deskriptif. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja (Purposive Method) yakni di Kabupaten Situbondo, tepatnya untuk wilayah desa Gelung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo. Analisis data yang digunakan yaitu untuk menganalisis efektivitas pemasaran digunakan  teknik analisis data statistik deskriptif dengan menggunakan kuesioner dengan sistem perhitungan menggunakan skala likert. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran rengginang melalui media online dikatakan sangat efektif dikarenakan rata-rata pemasaran rengginang menggunakan media online sebesar 682 dengan nilai presentase 53,19%.

 

Kata kunci : Agroindustri Rengginang, Media Offline dan Online, Pemasaran, UMKM,


Full Text:

PDF

References


Hendayana, R. (2003). Aplikasi Metode Loqation Quotient (LQ) Dalam Penentuan Komoditas Unggulan Nasional. Jurnal Informatika Pertanian, 12, 658-675.

Husni, L. (2005). Pengantar Hukum Ketenagakerjaan Indonesia. Edisi Revisi-5. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta, 60-62

Iskandar, P. (2005). Teori Ekonomi Mikro. Mitra Wacana Media. Jakarta, 18-20. Ittersum, M. K.V., F. Ewert, T. Heckelei, J. Wery, J. A. Olsson, E. Andersen, I.

Bezlepkina, F. Brouwer, M. Donatelli, and G. Flichman. (2008). Integrated assessment of agricultural systems-a component-based framework for the European Union (SEAMLESS). Agricultural System, 96, 156-165.

Julius., R, L. (2015). Perekonomian Indonesia dan Dinamika Ekonomi Global. Mitra Wacana Media. Jakarta, 36

Mulyadi. (2003). Ekonomi Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Pembangunan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta, 53

Nazir, M. (2005). Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor, 71

Nurmala, T, dkk. (2012). Pemasaran Media Online. Graha Ilmu. Yogyakarta. 105 Sukimo, S. (2010). Mikroekonomi Teori Pengantar. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta, 95.

Susilowati S.H. (2016). Fenomena Wirausaha Dan Berkurangnya Tenaga Kerja Muda Serta Implikasinya Bagi Kebijakan Pembangunan Negara. Jakarta (ID): Forum Penelitian Agro Ekonomi, 34(1), 21-34.

Todaro, M. dan S.C. Smith. (2011). Pembangunan Ekonomi. Edisi kesebelas. Erlangga. Jakarta, 32.

Khairunnisa (2012). Pengaruh Loan to Deposit Ratio, Biaya Operasional Per Pendapatan Operasional dan Net Interest Margin Terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis 12(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.