Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Buah Potong Segar (Studi Kasus Di Alfamidi Kecamatan Bangil Pasuruan)

Andini Wahyu Restuti, Tri Dwanti Widyaningsih, Jaya Mahar Maligan

Abstract


Konsumsi buah-buahan saat ini semakin meningkat seiring dengan meningkatnya tren gaya hidup sehat. Sementara itu, konsumen sekarang sangat sibuk sehingga hanya memiliki sedikit waktu untuk menyiapkan makanannya sehingga mereka cenderung memilih produk yang segar, bergizi, cepat, dan mudah didapat seperti buah potong segar. Peluang buah potong segar ini banyak dimanfaatkan oleh ritel modern termasuk Alfamidi. Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif saat ini, perusahaan ritel dituntut memuaskan hati konsumennya untuk lebih unggul dari kompetitor. Maka dari itu, penting untuk menganalisis kepuasan konsumen terhadap produk buah potong segar di Alfamidi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk buah potong segar Alfamidi di Kecamatan Bangil dan mengetahui atribut buah potong segar Alfamidi di Kecamatan Bangil yang perlu diperbaiki. Metode yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA). Atribut buah potong yang diukur antara lain warna, rasa, aroma, tekstur, kesegaran, ukuran potongan, jenis kemasan, pelabelan, kebersihan, dan harga. Hasil analisis data menggunakan CSI menunjukkan indeks kepuasan konsumen sebesar 86,75% (sangat puas). Hasil pemetaan menggunakan IPA menunjukkan bahwa tidak ada atribut yang masuk dalam kuadran I (prioritas tinggi), atribut warna, rasa, kesegaran, dan kebersihan masuk dalam kuadran II (pertahankan prestasi), atribut aroma, tekstur, pelabelan, ukuran potongan, dan harga masuk dalam kuadran III (prioritas rendah), dan atribut jenis kemasan masuk dalam kuadran IV (berlebihan).
Kata kunci: buah potong segar; CSI; IPA; kepuasan konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.