Kepuasan Petani Padi Terhadap Kegiatan Penyuluhan Di Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso

Husnul Hidayana, Henik Prayuginingsih, Saptya Prawitasari

Abstract


Kegiatan penyuluhan menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam sejarah pembangunan pertanian di Indonesia. Pada pelaksanaan penyuluhan pertanian tidak terlepas dari kinerja para penyuluh, Kinerja pelayanan penyuluh pertanian dapat diukur melalui tingkat kepuasan masyarakat tani dalam memperoleh pelayanan dari penyuluhnya. Selain itu, kinerja yang baik juga harus meperhatikan harapan yang diinginkan oleh petaninya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kepuasan petani padi terhadap pelayanan kinerja penyuluhan yang diberikan penyuluh di Desa Kajar Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso. Kepuasan petani padi terhadap pelayanan penyuluhan dapat diukur dari penilaian petani terhadap atribut pelayanan kinerja penyuluh dalam kegiatan penyuluhan pertanian. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Costumer Satisfied Index (CSI). Dari hasil perhitungan Costumer Satisfied Index (CSI) berada pada rentang skala kriteria nilai indeks kepuasan petani 0.60 - 0.80 atau 60% < CSI ≤ 80% yang berarti indeks kepuasan petani padi berada pada kriteria “puas”, karena nilai dari CSI, yaitu 77.27%. Nilai CSI tersebut menjeaskan bahwa secara umum petani padi di Desa Kajar Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso merasa puas dengan pelayanan kinerja penyuluh. Akan tetapi penyuluh masih perlu melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja dalam upaya memaksimalkan kepuasaan petani sampai pada kategori sangat puas.
Kata kunci : CSI,Kepuasan,Kinerja,Penyuluh


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.