MEDIA KOMUNIKASI PEMBANGUNAN BUDAYA DAN POLITIK GENERASI MUDA

Iwan Armawan

Abstract


Abstrak. Pada era masa kini Kaum muda adalah inti dari inisiatif media untuk mobilisasi so­sial dan transformasi politik. Ini tidak mengherankan, mengingat tantangan dan kecemasan ekonomi, pendidikan, budaya, politik, dan sosial yang meluas dihadapi kaum muda saat ini. Dengan mengembangkan pernyataan komunikasi mereka sendiri, orang muda memajukan proses-proses khusus pembangunan.

Pembahasan berikut adalah untuk menyediakan jalur dan jembatan antara berbagai perspektif tentang pembangunan dan perubahan sosial di generasi muda dan partisipasi dalam media yang dihasilkan oleh pemuda, menyediakan hal-hal spesifik yang diperlukan untuk dipahami anak muda. Media yang dihasilkan oleh anak muda ada di dalam banyak hal politik, budaya, atau ekonomi. Pertanyaan-pertanyaan utama yang dibahas adalah bagaimana media yang di­hasilkan oleh remaja, apa spektrum kegiatan yang tercakup oleh media yang dihasilkan oleh pemuda? Keterbatasan apa yang dihadapi dalam media anak muda ini?

Penulis memberikan gambaran tentang pendekatan kepada pemuda dan media mereka, men­definisikan media yang dihasilkan oleh pemuda danapa yang mereka diikuti dengan studi kasus singkat. Pertanyaan tentang makna remaja bukanlah hal baru, jawaban mereka bervariasi, kom­pleks dan kadang-kadang kontradiktif. Menggambar pada wawasan dari psikologi, sosiologi dan komunikasi, bagian pertama menawarkan lintasan sejarah mengenai studi pemuda dan media. Kemudian penjelasan tentang konsep media yang dihasilkan oleh anak muda seperti yang dikembangkan oleh orang muda itu sendiri, dan disandingkan dengan media yang berori­entasi pada pemuda (media terutama dihasilkan oleh orang dewasa untuk remaja). Selanjutnya diakhiri dengan menyoroti kegunaan konsep media yang dihasilkan oleh generasi muda dan tantangan dalam memahami dan menafsirkan kegiatan anak muda terutama dalam politik.

Kata Kunci: Media Anak muda, Generasi Muda, Media politik generasi muda


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.