IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENCIPTAKAN MANAJEMEN REPUTASI DI PT PLN AREA SURAKARTA

Dian Esti Nurati

Abstract


Abstrak. Pelanggan merupakan pilar utama perusahaan disamping stakeholders lain. PLN di dalam upayanya untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap pelanggannya. Pelanggan lah yang memberikan pendapatan bagi PLN, tanpa pelanggan maka keberadaan perusahaan tidak ada artinya. Setiap orang dalam perusahaan harus melayani pelanggan atau memberikan dorongan kepada orang-orang yang melakukannya, dengan demikian memberikan pelayanan kepada pelanggan merupakan kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan oleh PLN. Faktor Iklim komunikasi organisasi merupakan faktor kunci secara internal dan eksternal, agar tercapainya manajemen pelayanan yang baik. Berdasarkan pada teori Komunikasi Organisasi, Komunikasi Korporasi serta Komunikasi dan Reputasi, diharapkan Manajemen Reputasi pada perusahaan dapat diwujudkan. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pendekatan ini dipilih karena pengumpulan data yang lokasinya menyebar di wilayah PLN Area Surakarta akan menggali data dari para Informan kunci, baik dari Manajer Atas, Manajer Menengah dan Manajer Bawah. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan God Corporate Governance pada PT PLN Area Surakarta mampu mewujudkan terciptanya Manajemen reputasi pada perusahaan tersebut dengan melaksanakan Program ”PLN Bersih” dengan perilaku bersih yaitu dilaksanakannya program Integritas Layanan PLN, Komitmen PLN Bersih, Amanah,  Keteladanan, Transparansi dan Bertanggung jawab. Pelaksanaan Program OPI , HTS, LE4ECI dengan Upaya Mewujudkan Visi perusahaan, merupakan program andalan untuk mencapai target perusahaan yang telah direncanakan. Pelaksanakan manajemen perusahaan yang baik di PT PLN Area Surakarta, berupa Kontrak Manajemen, Indikator Kinerja Kunci, melayani pelanggan melalui layanan Contact Center PLN 123 dan Menyediakan fasilitas Media Pengaduan PLN Bersih.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.